Agents, Business and Management Consultants, Where The Customer's Satisfaction is the only primary target.

Polis Asuransi apa yg merespon Kecelakaan Lalulintas yang melibatkan Abdul Qodir Jaelani, Putra bungsu Ahmad Dhani

Posted By on September 9, 2013 in Asuransi, Asuransi Jasa Raharja, Asuransi Kecelakaan diri, asuransi Kendaraan, Asuransi Personal Liability, Insurance, Klaim Asuransi |

Kecelakaan Maut yang terjadi di Jalan Tol Jagorawi melibatkan “Dul” Putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Polis Asuransi Apa saja yang merespon Kejadian ini ?

Polis Asuransi Kendaraan ?

Jika Kendaraan tersebut memiliki Polis Asuransi Kendaraan, baik untuk Jaminan TLO ataupun All Risks sekalipun dengan dilengkapi TJH, rasanya Polis Asuransi tidak memiliki kewajiban untuk membayar seluruh kerugian yang timbul akibat kecelakaan ini, mengingat,

BAB II – Pengecualian – Pasal 3 – Butir 4, berbunyi :

    Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:

4.1.     disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan atau pengemudi;

4.2.     pada saat terjadinya kecelakaan, kendaraan bermotor yang dipertanggungkan dikemudikan oleh seseorang yang tidak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

4.3.     dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan;

4.4.     dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan;

4.5.     memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk kendaraan bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.

Selain tidak memiliki SIM sebagai Pengecualian yang mutlak, Dul juga harus menjalani Tes Urine untuk memastikan bahwa pengemudi berada/tidak berada dalam pengaruh minuman keras, obat terlarang atau suatu bahaya lain yang membahayakan.
Lalu Bagaimana dengan Polis Personal Accident / Kecelakaan Diri ?
Bergantung pada Wording Polis Asuransi Kecelakaan Diri yang diterbitkan oleh masing-masing Penanggung, dimana secara Umum, Polis PA memuat Jaminan yang sehubungan dengan terjadinya kecelakaan menyebabkan :
1. Kematian
2. Cacat Tetap (Sebagian atau seluruhnya)
3. Biaya Perawatan atau pengobatan
Namun Perlu diingat, bahwa didalam Polis Kecelakaan Diri memuat Pengecualian sbb :
BAB II – Pasal 4 – Pengecualian Butir 1.4
Polis ini tidak menjamin, Kecelakaan yang terjadi sebagai akibat langsung dari tertanggung melanggar Peraturan per-undang-undangan yang berlaku.
Apakah tidak memiliki SIM merupakan Pelanggaran Peraturan per-undang-undangan yang berlaku dimaksudkan dalam Polis ?
Bagaimana dengan Polis Personal Liabiliy ?
Polis Liability adalah polis Tailor-made bagi masing-masing perusahaan Asuransi, Jika memang ybs memiliki polis ini, boleh diuji cobakan dalam kasus ini,
  1. apakah Polis Personal Liability yang dimiliki memuat Jaminan ini ? terhadap tuntutan-tuntutan yang akan timbul dari para korban kecelakaan ?
  2. Apakah polis Personal Liability yang akan merespond adalah Polis yang nama tertanggungnya adalah Abdul Qodir Jaelani, atau harus Polis atas nama Orang tuanya ?
  3. Lalu apakah sama dengan Polis PA, terdapatnya klausul mengenai pengecualian jika melanggar UU yang berlaku ?
  4. Pertimbangkan juga mengenai Pronsip Asuransi yaitu pada unsur “Not against Public Policy”

Lalu Bagaimana Asuransi Sosial – Kecelakaan Jalan Raya

Pihak Asuransi Jasa Raharja telah menyatakan :

  1. Memberikan Santunan para korban masing-masing Rp. 25 Juta
  2. Mempertimbangkan Pemberian Santunan sebesar Rp. 10 Juta bagi Dul

Apa yang mendasarinya ? Mengapa Dul hanya mendapatkan Rp. 10 Juta ? dimana Dul juga merupakan Korban (selain dari Pelaku terjadinya kecelakaan ini?

Selamat melakukan Review.

 

468 ad